Typography dalam Website

Typography pada disain web memiliki kesulitan tersendiri. Hal ini berdampak dari media yang digunakan. Dunia promosi dan publikasi web berbeda dengan dunia promosi dan publikasi pada media cetak, seperti majalah, koran, dan media cetak lainnya. Hal yang paling disoroti adalah pada jenis font. Web designer harus mempertimbangkan penggunaan huruf, sehingga akan lebih nyaman dibaca oleh pengunjung web.

Apa Itu Typography?
Typography berasal dari kata Yunani "Typos" yang artinya bentuk dan "graphein" artinya menulis, sehingga Typography bisa diartikan  seni dan teknik dalam mengatur huruf menggunakan gabungan bentuk huruf cetak, ukuran huruf, ketebalan garis, spasi antar huruf, garis pandu dan jarak antar baris.

Mengapa kita perlu memahami Typography dalam disain website?

Pada dasarnya huruf memiliki energi yang dapat mengaktifkan gerak mata hal ini sebaiknya senantiasa memperhatikan kaidah-kaidah estetika, kenyamanan keterbacaan, serta interaksi huruf terhadap ruang dan elemen-elemen visual di sekitarnya.

Typography yang baik memperhatikan kombinasi antara warna, ukuran dan tipe huruf atau font, lebar spasi, kontras, dan sebagainya yang tentunya harus memenuhi tuntutan pembaca. Typography; pengaturan huruf bisa mempengaruhi banyak hal, mulai dari estetika, tampilan website, kesan yang ingin di tampilkan hingga tingkat keterbacaan.

Tingkat keterbacaan dapat di lihat dari jumlah pengunjung website Anda. Jika pengunjung nyaman dalam membaca konten di website Anda dan betah membacanya, maka tingkat keterbacaannya tinggi.

Typography dalam disain juga bisa menciptakan kesan tertentu. Misal Anda ingin membuat website berkesan bisnis profesional, maka karakteristik yang di tonjolkan adalah profesional dan formal, berbeda jika Anda ingin membuat website fashionita, karakter yang ditonjokan adalah yang "girly" dan lembut.

 

Web Design Packages

Paket BasicPaket BusinessPaket Corporate

Address

PT. Proweb Indonesia

 

Please visit: www.proweb.co.id