Navigasi yang baik pada sebuah website

Navigasi adalah petunjuk posisi dan arah perjalanan. Di dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user yang sedang berada di dalam halaman tertentu tidak tersesat dan mudah menemukan halaman-halaman lain dalam website Anda.

Biasanya, pada sebuah website, navigasi tertampil pada menu dan link yang terstruktur. Seringkali, saat kita membuka sebuah website, kita merasa kesal karena tidak mendapatkan halaman website yang dicari dikarenakan navigasi yang ruwet dan tidak jelas.

Website yang dibangun Proweb mempunyai navigasi yang mudah dan simpel. Bagaimana langkah-langkahnya?

Menentukan konsep
Sebuah web yang akan di bangun harus memiliki konsep, yaitu garis besar navigasi dari sebuah website yang akan dibuat. Konsep tersebut memuat navigasi dasar yang sering kami sebut bentuk "tree view" (bercabang dan beranting). Artinya konten bersifat general/umum atau konten bersifat hingga mendetail.

Letak Navigasi
Pada halaman utama, kita sebut index memuat menu-menu pokok yang bersifat umum. Ada baiknya buat shortcut-shortcut atau quicklinks sehingga pengunjung bisa langsung masuk ke halaman yang dimaksud. Menu - menu yang sering dijadikan shortcut adalah, welcome note, products, news/article, gallery, livechat, links, contact. Shortcut-shortcut yang dibuat pun tergantung pada jenis website apakah company profile atau product cataloque, dll. Biasanya shortcut dibuat untuk menonjolkan suatu produk atau konten tertentu.
Mengikuti "tree view" yang sudah di jelaskan di atas, maka percabangan dari menu-menu utama diletakkan pada halaman-halaman cabang dari index.

Nama Menu harus jelas dan singkat
Kata yang terdapat pada menu harus mampu memberikan petunjuk yang jelas dan singkat. Nama menu mewakili isi konten. Gunakan istilah-istilah yang umum, singkat, dan mudah dipahami. Misal: Home, About Us, Services, Products, News, Articles, Contact Us.

Menu dan links harus eye-catching
Menu harus dibuat menonjol atau eye-catching agar mudah dikenali. Hal ini harus digabungkan dengan unsur estetika sehingga menu-menu tadi dapat sejalan dengan konsep web yang dibuat.
Links dibuat berbeda saat di hover/diklik agar pengunjung merasakan perubahan yang terjadi, dan menginformasikan bahwa links tersebut dapat di klik dan menuntun pengunjung ke halaman lain.
Pakai font style yang cocok, warna yang sesuai dan penentuan besar kecil ukuran font juga berpengaruh terhadap tampilan website.

Konsisten
Letak menu pada setiap halaman sebuah website sebisa mungkin tidak berubah sehingga pengunjung tidak kebingungan mencari-cari menu pada halaman yang berbeda. Misalnya pada halaman index, menu utama berada diatas, pada halaman cabang, dapat di tampilkan menu utama diatas  pula setelah itu pada halaman-halaman cabang yang terdapat sub-menu bisa di tampilkan di sebelah kiri atau kanan halaman. Atau jika mengikuti tren saat ini, Anda bisa menampilkan drop down/pull down menu, hal ini dilakukan pada setiap halamandari index sampai pada halaman cabang dan ranting.

Petunjuk bagi pengunjung
Website yang baik adalah yang memuat informasi halaman web yang sedang ditampilkan. Misal pada saat pengunjung berada di halaman sub menu dari About Us, contoh history, maka pada konten berilah judul About us dan dibawahnya tulisan History. Cara lain, beri sesuatu yang eye-catching/highlight menu utama yaitu About Us lalu beri judul History di atas konten .
Petunjuk lain yang perlu diperhatikan juga adalah struktur singkat halaman website yang sedang di tampilkan. Menyambung contoh yang diatas, strukturnya adalah Home > About Us > History.

Sitemap dan link pada setiap halaman
Pastikan pada setiap halaman website Anda memiliki link antar halaman, antar menu terutama link ke halaman index. Ini akan memudahkan dan mempersingkat pencarian halaman-halaman oleh pengunjung jika website Anda dibangun dalam struktur menu dan submenu yang kompleks.

Hubungi kami
Tentunya Anda membangun sebuah website agar informasi atau produk Anda lebih dikenal orang, bahkan Anda berharap dapat menjaring si pengunjung untuk terus berkunjung ke website Anda dan membeli produk Anda. Maka ada baiknya di website tersebut, tinggalkan alamat, email dan no. kontak Anda agar mereka bisa menghubungi Anda secara langsung atau melalui surat elektronik, Anda juga bisa melakukan feedback terhadap mereka, karena informasi tentang mereka telah Anda dapatkan saat mereka melakukan submit di halaman Contact Us.

Jika pengunjung merasa nyaman dalam mengunjungi website Anda, maka website Anda menjadi mudah diingat dan dikenali sehingga semakin baik pula rating website Anda.

Web Design Packages

Address