Menjadi Marketing Yang Baik

Pada artikel sebelumnya tentang Bakat Marketing, telah diterangkan bahwa sebenarnya kita sebagai manusia memang sudah mempunyai bakat marketing sejak lahir. Hanya saja kadang kita tidak menyadari akan hal itu. Teknik-teknik menjadi mark eting yang baik bisa kita pelajari, baik searching dari mbah google atau mungkin mem beli buku yang dapat menambah pengetahuan kita tentang dunia marketing.

Ilmu yang kali ini dibahas mungkin bisa dikatakan sebagai pengalaman pribadi yang sudah dijalani beberapa kali untuk mempresentasikan tentang produk apa yang kita jual kepada client. Hal-hal berikut ini adalah sedikit yang memang harus dimiliki oleh seorang marketing:

  1. Mengenal apa produk yang kita jual
    Ini hal yang paling mendasar ketika kita melakukan presentasi kepada calon client. Fahami produk yang kita jual itu dari paling murah sampai yang mahal. Keunggulan dan spesifikasi dari produk itu pun juga harus kita kuasai. Jangan sampai anda terlihat bingung di depan calon client anda ketika ditanya tentang produk yang anda presentasikan. Ingat, ini juga bisa menentukan calon client anda akan membeli produk mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
     
  2. Cara Bicara / Tutur Kata Yang Baik
    Kemampuan ini sebenarnya dapat kita pelajari dengan penuh kesabaran dan terus berlatih. Memang tidak mudah untuk mempunyai pola bicara yang baik. Karena dalam penerapannya untuk kasus yang satu ini benar-benar menjadi perhatian bagi calon client kita. Artinya, kita harus menggunakan kata-kata yang baik dan mudah dimengerti oleh client. Jangan terlalu berbelit apalagi muter-muter dalam menjelaskan sesuatu.
     
  3. Penampilan dan Perilaku
    Jangan pernah meremehkan 2 hal ini yang mungkin terlihat sepele. Justru hal yang sepele ini bisa mengangkat citra dari perusahaan tersebut. Penampilan yang baik, akan membuat dampak yang positif juga bagi mereka (client). Berpakaianlah dengan rapi dan sopan. Kalau memang memungkinkan, pak ailah parfum untuk membuat anda merasa lebih percaya diri. Begitu pun juga dengan perilaku. Berikan sikap yang positif terhadap calon client kita. Artinya, anda harus berperilaku dengan sopan, jangan meminta sesuatu jika memang tidak ditawarkan oleh client, dan lain sebagainya. Sekali anda berbuat yang tidak baik, calon client akan ilfeel baik terhadap anda maupun perusahaan anda.
     
  4. Komunikasi
    Salah satu yang membuat anda berhasil dalam menjual produk adalah komunikasi. Jalin komunikasi anda sebaik-baiknya. Dalam meeting pertama kali buatlah suasana anda dan calon client anda saling berinteraksi. Karena disini kita tidak berbicara terus mengenai produk yang anda jual. Tapi, anda juga harus tahu bagaimana kebutuhan client anda sebenarnya. Ajaklah diskusi untuk membahas apa yang menjadi kebutuhan mereka. Kalau anda gugup atau canggung, buatlah situasi dengan adanya canda tawa sedikit, atau apapun yang setidaknya bisa menghibur dan jangan berlebihan. Tetap fokus pada apa yang dibicarakan.


Kesimpulan dari beberapa hal diatas adalah bagaimana kita bisa menyatukan semua aspek yang berada didalamnya. Intinya, antara poin 1 s/d 4 mempunyai hubungan yang sangat erat. Jika ada salah satu didalamnya yang miss, maka itu dapat mempengaruhi penilaian client terhadap citra perusahaan kita. Nilai dari poin-poin diatas bisa dijadikan latihan bagi diri kita sendiri untuk berinteraksi dengan calon client.


Kunjungi www.prowebpro.com untuk menambah wawasan anda.

 

Web Design Packages

Paket BasicPaket BusinessPaket Corporate

Livechat

  • Eddy Marketing

  • Iwan Marketing

  • Agus Support

Address

PT. Proweb Indonesia
Perkantoran Duta Merlin No F4
Jl. Gadjah Mada 3-5
Jakarta Pusat
GPS: S 6o 09' 58.1", E 106o 49' 3.3"

 

Marketing : 021-2636-3170
    021-4631-0337 (Edi)
    0812-8180-740 (Edi)
    087-888-190-566 (Iwan)
     
WhatsApp : 0813-1977-8908 (Iwan)
    0812-806-2772
     
Support : 021 - 3377 0050
    08788-9089-588 (Agus)
     
Finance : 021-2636-3170
    0816-180-8005 (Yudi)
     
Web : www.proweb.co.id