CSS Shorthands Untuk Efisiensi Kerja Web Desainer

CSS Shorthands adalah salah satu teknik dalam penulisan kode CSS yang lebih singkat dari aturan pada umumnya. Seorang web desainer pasti tidak akan menuliskan ribuan baris kode CSS dengan cara konvensional dan menyita banyak waktu. Maka munculah teknik CSS Shorthands itu untuk membantu kerja desainer agar lebih efisien waktu. Manfaat lainnya adalah kita bisa menghemat karakter dan ukuran file CSS yang dibuat sehingga bisa mengurangi beban load dalam sebuah website.

Setidaknya ada dua alasan, yang pertama untuk mendapatkan ukuran file CSS yang lebih kecil sehingga halaman lebih cepat dimuat (loading). Yang kedua adalah menulis kode yang terstruktur sehingga mudah dibaca hal ini akan sangat membantu ketika kita melakukan peng-edit-an CSS. Dan teknik shorthand berguna untuk mendukung alasan kesatu. Idenya adalah dengan penulisan kode yang lebih pendek (namun dengan fungsi yang sama) file CSS akan menjadi lebih kecil.
Dengan CSS shorthand kita dapat memangkas kode/properti CSS yang panjang (juga mempercepat penulisan kode).
Semua properti seperti margin, border, padding, background, font, list-style, dan bahkan outline dapat kita tulis dalam bentuk shorthand-nya.

MARGIN


PADDING


BORDER


FONT

BORDER - RADIUS

BACKGROUND

 


Demikian tadi beberapa contoh CSS Shorthands untuk membantu teman-teman dalam mempercepat penulisan kode CSS. Semoga bermanfaat.

Kunjungi PT Proweb Indonesia di www.proweb.co.id

Web Design Packages

Paket BasicPaket BusinessPaket Corporate

Address

PT. Proweb Indonesia

 

Please visit: www.proweb.co.id